Header AD

Tamu dan Silaturahiem #CatatanRickyElson

Tamu dan Silaturahiem

Setiap tamu itu Istimewa. 
Dan pasti datang membawa "pesan" untuk mu. Terima, Dengarkan, Perhatikan dengan seksama.. layani dengan baik.., kelak kau akan mengerti.., begitu saya terus berbisik ke dalam diri..

Kemaren, seharian saya menunggu tamu di Site Ciheras. Selain Bang Musang @nasrulm28 , Tim @lenterabumi Ciheras pada mudik ke rumah masing masing. Dari selepas sholat Eid, kami menerima tamu mulai dari Petani mitra Beternak Domba, Sapi, Mitra Pengarit Rumput untuk kandang, hingga keluarga mitra pengolahan daun kelor dan tetangga tetangga kami. 

Baru hari ini gantian saya yang keliling. Tadi sepulang mengunjungi Pak Lujah seorang Local Hero, mitra kami di dusun Kaliung, di kaki bukit Pameutingan, saya berpapasan dijalan dengan beliau yang di foto ini. 

Beliau adalah satu Bapak pencari Rongsokan yang sering ke tempat kami, yang kalau lagi banyak mahasiswa KP juga banyak botol minuman serta Plastik atau Kardus bekas untuk dibawa. 

Saya hanya berpapasan, lalu menyapa , "Paaaaaaak".. sambil mengangguk kan kepala. 

Selepas Jumatan barusan saya mau merebahkan badan sejenak sebelum keliling Desa lagi sore nanti. Tiba tiba ada kabar dari Bang Musang " Ada tamu Abang di belakang".. saya bergegas ke belakang. 

Ternyata bapak pencari Rongsokan yang tadi berpapasan di jalan Desa tetangga, Desa Cipanas. Beliau tinggal di sekitar sana. Beliau udah menunggu saya. Kami bersalaman..dan saling memohon maaf. Lalu bercerita. Banyak hal juga tentang "Seni Mengais Rongsokan". Saya banyak bertanya tentang harga harga barang rongsokan. Tentang keluarga beliau. 

Lalu beliau tiba tiba mengucapkan ".. pak Riki.. yang kemaren terima kasih sekali, saya bisa berbagi pada Putu putu, banyak selusin..".. lalu saya jawab.." Oh iya pak, maafkan saya hanya nitip sangat sedikit sekali".. saya mencoba mengingat, sepertinya saya hanya menitipkan sedikit uang untuk beliau beberapa hari sebelum lebaran, agar bisa beli Sarung baru nya beliau. Seingat saya bukan jumlah yang bisa dibagi ke 12 Putu
. Sedih hati saya. Kenapa waktu itu tak memberi lebih. Lalu saya meminta maaf pada beliau. Tapi beliau begitu bahagia, dan berterima kasih dengan yg sedikit sekali itu.., ada yang perih dalam hati saya. PADAHAL , rencananya saya mau posting tentang POHON KETAPANG di depan rumah kami. 

dan saya bergumam kedalam diri saya, "siapa pun tamu mu..
Terima dan layani dengan baik". 🙏🙏🙏🙏

Ya, saya harus lebih banyak lagi memperhatikan dan bersyukur. 

Ciheras, 20210514
Credits link

Tamu dan Silaturahiem #CatatanRickyElson Tamu dan Silaturahiem #CatatanRickyElson Reviewed by Blog Zone on 00.12 Rating: 5

Tidak ada komentar

Post AD